October 17, 2021

PERMAINAN DOMINO YANG POPULER

Ada beragam tipe set domino yang dipakai di penjuru dunia dan sebagian besar permainan yang bisa dimainkan dengan mereka. Berikut ketentuan untuk dua permainan yang umum dimainkan di Barat – permainan “standard” atau “Blokir” dan permainan “Draw “.Perintah menerangkan permainan dimainkan dengan set domino standard atau “enam double” yang terbagi dalam 28 ubin, tapi ke-2 permainan bisa dimainkan dengan set ganda-sembilan atau dua belas ganda. Di pub Inggris, ini sebagai permainan umum yang kerap dimainkan oleh empat pemain sebagai dua pasangan yang duduk berhadapan.

Aturan dan Cara Bermain Domino di Asia

Permulaan

Domino dikocok secara ritus mengarah ke bawah dalam lingkaran dengan telapak tangan – hasilkan suara yang sudah dikenali sepanjang berabad-abad. Tiap pemain menarik 6 kartu domino dan meletakkannya hingga pemain lain tidak bisa menyaksikan nilainya. Sistem pub tradisionil Inggris lakukan ini ialah mengarah ke bawah dalam dua baris tiga hingga ke enam bisa diambil dengan ke-2 tangan, menyaksikan dan kembali tinggalkan bagian lain bebas untuk masalah yang serupa keutamaan minum 1/2 liter. Pemula cuman bisa tempatkan mereka di pinggir mereka beruntun menghadap mereka. Domino yang masih ada disebutkan ubin “tidur “.

Orang pertama kali yang bermain ialah orang yang menggenggam double-enam, atau tidak berhasil yang double- selanjutnya dan lima. Ubin dimainkan harus berbentuk ubin double yang memungkinkannya pemain untuk ambil gantian pertama. Bila tidak ada pemain yang menggenggam dobel, ubin dikocak dilukis ulangi dan ulangi.

Permainan

Tiap pemain harus secara bergiliran selanjutnya mainkan ubin di atas meja dengan memposisikannya hingga sentuh salah satunya ujung rantai domino yang dengan bertahap semakin bertambah panjangnya. Seorang pemain cuman bisa mainkan ubin yang mempunyai nomor yang diperlihatkan di salah satunya ujung rantai lainnya atau domino. Bila seorang pemain mainkan domino dengan hasil ke-2 ujung rantai memperlihatkan angka yang serupa (umumnya angka yang bermanfaat untuk pemain dan tidak dicintai lawan), pemain itu disebutkan sudah “menjahit” ujungnya.

Langkah ubin ditaruh memberinya sejumlah kecil dari hiburan. Tiap ubin yang ditaruh harus diposisikan sebegitu rupa hingga ke-2 ujung yang pas bersisihan. Terkecuali bila ubinnya double, ubin bisa ditaruh persegi di satu dari tiga arah sepanjang ke-2 segi yang pas bersinggungan sepenuhnya. Double selalu ditaruh bersilang di ujung rantai. Sebuah ubin dimainkan untuk double harus juga ditaruh sama sesuai – tegak lempeng dengan sentuhan double di tengahnya. Wujud rantai domino meningkatkan garis ular secara random sesuai kemauan pemain dan kebatasan permukaan bermain.

Bila seorang pemain bisa menempatkan domino, karenanya harus dimainkan. Bila tidak, pemain “mengetok”, atau mengetok meja dan mainkan umpan ke pemain berikutnya. Beberapa pemain musuh sudah pasti akan membuat catatan psikis dari beberapa angka yang sekarang ini ada di atas meja dan berusaha untuk pastikan jika beberapa angka itu ada di periode depan…..
Tamat

Umumnya permainan stop saat satu pemain “chip out” (mainkan domino terakhir kalinya) walau beberapa versus mewajibkan ke-2 pasangan untuk lakukan chip out. Bila capai titik di mana tidak ada pemain yang bisa meneruskan, juaranya ialah partner yang jumlah kombinasi dari semua tempat di domino mereka yang masih ada ialah yang paling sedikit.

Untuk penilaian, beberapa pub akan mainkan satu point per game. Sistem yang makin menarik, yang kemungkinan dipandang memakai papan cribbage, membuat juara cetak jumlah semua tempat di ubin yang tersisa. Di dalam permainan yang tidak menyebabkan siapa saja lakukan chipping, juara akan terima beda di antara keseluruhan tempat juara dan keseluruhan lokasi yang kalah. Sebuah permainan bisa dimainkan sampai 100 point, ucapkanlah, atau di papan cribbage, 121 poin.

main domino

Macam

Permainan dapat dimainkan secara sama dengan 2 pemain (awali dengan 8 ubin), tiga pemain (awali dengan 6 ubin), lima pemain (awali dengan 5 ubin) atau dengan 4 pemain tanpa kerja sama.

Permainan yang serupa bisa dimainkan dengan 2 belas set (91 ubin) atau dua sembilan set (55 ubin) set domino. Dengan set dua belas double, empat pemain akan pilih 12 ubin masing-masing serta dengan set double sembilan, sembilan ubin akan diambil di awal.

Permainan Undian

Betul-betul tidak lebih dari sebuah variasi dari games Blok, Draw Games lebih terkenal di beberapa belahan dunia. Pemain ambil semakin sedikit domino sebelumnya tapi pemain yang tidak bisa tempatkan domino harus pilih domino tidur untuk dipertambah ke set mereka. Saat kartu domino tidur habis, pemain cukup melalui gantian saat mereka tidak dapat pergi. Untuk macam ini, dua pemain akan awali dengan 7 kartu domino, tiga pemain dengan 5 ubin, empat pemain dengan 4 ubin dan lima pemain dengan 3 ubin.

Ketidaksamaan di antara ke-2 games itu ialah jika dalam Games Draw, pemain tahu jika semua ubin akan usai di dalam permainan – ini memungkinkannya mereka untuk mengaitkan dengan lebih bagus ubin apa yang kemungkinan digenggam oleh pemain lain. Dengan permainan Block, karena beberapa ubin masih tetap tidur dan tidak dikenali sejauh permainan, komponen ketidakjelasan yang semakin besar berkuasa.
Cross Domino

Ekstensi dari games Draw, macam ini memberikan pemain semakin banyak pilihan dan makan semakin sedikit ruangan meja!

Game ini dimainkan secara sama persis dengan game Draw tapi dengan awalan yang berbeda. Sesudah doublet pertama dimainkan, empat ubin selanjutnya dimainkan harus dimainkan menantang doublet itu untuk membuat salib. Jadi untuk doublet pertama ini saja, domino dimainkan berdekatan dengan ke-4 segi ubin. Pemain kemungkinan harus ambil ubin tidur sebelumnya dilaksanakan tapi selekasnya sesudah salib usai, permainan bersambung seperti dalam permainan undian. Jadi semenjak waktu itu, tiap gantian mempunyai empat kartu domino yang ada buat dimainkan, bukan dua.

Ganda Nine Cross Domino

Macam ini pas untuk set Ganda Nine. Dua atau tiga pemain awali dengan masing-masing tujuh ubin, empat ataupun lebih pemain awali dengan masing-masing lima ubin. Permainan diawali sama sesuai Domino silang dengan ubin ke-2 sampai ke-5 dimainkan membuat salib disekitaran doublet awal. Kemudian permainan bersambung sesuai permainan Draw tapi setiap doublet ditempatkan, dua rantai baru bisa diawali darinya. Oleh karenanya, jumlah rantai yang ada jadi lebih besar dibanding games sebelumnya.

Permainan yang serupa diawali dalam jumlah ubin yang serupa per-orang harus bisa saja dengan set Dua Belas Double juga.

Semua Lima

Dikenal juga sebagai “Muggins” dan “The Five Games”, All Fives dimainkan dengan 6 set domino double oleh dua sampai empat pemain. Domino dikocak mengarah ke bawah dan tiap pemain ambil lima domino (berapa saja jumlah pemainnya). Pemain dengan doublet paling tinggi bermain lebih dulu dan gantian meneruskan sama arah jarum jam. Penilaian terjadi sepanjang dan diakhir tiap laga hingga penting untuk selalu mencari – papan cribbage ialah alat penilaian yang ideal.

Pemain pertama menempatkan ubin apa dan permainan bersambung seperti pada Games Block dengan tiap pemain menempatkan ubin hingga ubin yang tersambung dalam jumlah yang cocok. Pemain berusaha untuk menempatkan ubin hingga jumlah angka di ke-2 ujung rantai semakin bertambah sampai 5 atau kelipatan 5 karena permainan seperti itu menambah jumlah itu ke score pemain. Doublet ditempatkan di sejauh arah rantai seperti pada permainan Blok dan untuk maksud menjumlahkan ke-2 ujungnya dihitung sebagai keseluruhan semua tempat di doublet. Maka misalkan, bila ada 3 di salah satunya ujung rantai dan 6 di ujung yang lain, seorang pemain bisa mainkan double 6 yang hendak bermanfaat karena ujungnya akan sejumlah 3 + 6 + 6 = 15, a kelipatan lima. Bila ada lima double di satu ujung dan kosong di ujung yang lain, seorang pemain dapat mainkan dua kosong hingga ujungnya semakin bertambah sampai 10.
Bila seorang pemain menempatkan ubin hingga ujungnya semakin bertambah jadi kelipatan lima dan tidak berhasil untuk menyatakannya, pemain mana saja bisa berteriak “Muggins!” selekasnya sesudah ubin selanjutnya ditempatkan dan claim score sebagai gantinya. Sementara ada tiga ataupun lebih ubin tidur yang masih ada di tengah-tengah meja, saat seorang pemain tidak dapat bermain, pemain itu ambil ubin tidur sebagai gantinya. Sesudah cuman ada dua ubin tidur yang masih ada, seorang pemain yang tidak dapat bermain cuman bisa lolos untuk gantian itu.

Permainan usai selekasnya sesudah pemain tidak mempunyai ubin kembali atau kebalikannya saat tidak ada pemain yang dapat mainkan ubin. Juaranya ialah pemain yang tidak mempunyai ubin sisa atau, bila tidak ada pemain yang sukses keluar, pemain menambah tempat pada tersisa domino mereka dan juaranya ialah pemain dengan keseluruhan terkecil. Tiap pecundang kurangi keseluruhan tempat juara (yakni 0 bila juara keluar) dari keseluruhan tempat mereka, menggenapkan hasilnya ke kelipatan lima paling dekat dan menambah jumlah ini ke score pemenang. Misalkan, bila juara mempunyai keseluruhan spot 3, dan yang kalah mempunyai keseluruhan spot masing-masing 1, 6 dan 5, keseluruhan yang dikasih ke juara dihitung seperti berikut:

Pecundang 1 kurangi keseluruhan tempat juara 3 dari 11 = 8 dan menggenapkannya ke kelipatan 5 paling dekat yakni 10.

Pecundang 2 kurangi keseluruhan tempat juara 3 dari 6 = 3 dan menggenapkannya ke kelipatan paling dekat dari 5 yakni 5.

Pecundang 3 kurangi keseluruhan tempat juara 3 dari 5 = 2 dan menggenapkannya ke kelipatan 5 paling dekat yakni 0.

Menjadi juara memperoleh 15 point tambahan.

Pemain pertama kali yang capai score 100 memenangi pertandingan.

Semua Fives dan Threes

Games ini dimainkan secara sama dengan All Fives terkecuali jika kelipatan tiga saat ini dihitung untuk poin. Jadi sepanjang permainan, bila seorang pemain menempatkan ubin sebegitu rupa hingga ujungnya semakin bertambah jadi 6, pemain itu mendapatkan score 6 point untuk kelipatan 3. Keseluruhan 10 score 10 point untuk kelipatan lima dan keseluruhan 15 score 15 point (kelipatan lima dan tiga). Diakhir permainan, juara cuman diberi point dari tersisa ubin yang kalah atau selisihnya berdasar point untuk poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *